INFO TIMOR__Update Informasaun Sobre Rai Laran No Internasional Liu Husi Blog Simples Ida Ne'e, Ami Estudante Halibur Hamutuk Hodi Kria Blog Ida Ne'e, Input Informasaun Rai Laran No Internasional, Ita Hotu Bele Partisipa No Hatene Situasaun Rai Laran No Internasional, Ami Mos Dala Barak Ami Share Informasaun Husi Media Nasional Rai Laran, Hanesan Media, Timoroman, Jndiario, Sapo TL, Timor Hau Nia Doben, Tempo Semanal, Liu Husi Media Hirak Ne'e, Ami Haklean Liutan Iha Blog Ida Ne'e Share Ba'a Iha Grupu Ne'ebe Timor Oan Halibur Hamutuk, Atu NUne'e Ita Hotu Bele Atende Diak Informasaun Sobre Internal No External. Hamutuk Ita Bele Fiar An Lao Ba Oin

Sabtu, 17 Januari 2015

Paus Francis Memiliki Namun Untuk Kunjungi Timor-Leste


Pope Francis Has Yet to Visit East Timor Kedatangan Paus Francis Kamis di Filipina, menandai kunjungan pertamanya ke negara berpenduduk mayoritas Katolik terbesar di Asia, sepertinya berhenti yang jelas untuk Paus berusaha untuk merangkul jamaah jauh terlempar dari Vatikan. Namun bangsa lain di Asia, Timor-Leste kecil, menawarkan sebuah populasi Katolik per kapita lebih tinggi - namun belum dikaruniai perjalanan kepausan dalam seperempat abad.

Mengingat ukurannya yang kecil, itu dalam beberapa hal dapat dimengerti bahwa paus skipping Timor-Leste pada tur Asia-nya, yang kedua sejak ia dipasang di Maret 2013. negara-negara Asia lainnya paus belum dikunjungi - China, Vietnam, India - memiliki lebih besar populasi Katolik.

Tapi dengan akarnya sebagai koloni Portugis, Timor-Leste mengalahkan bahkan Filipina proporsi penduduk yang Katolik - sekitar 90 persen, dibandingkan dengan Filipina 80 persen. Itu berarti Timor-Leste memegang hampir 1 persen dari dunia Total 1,2 miliar umat Katolik - hampir sebanyak Sri Lanka, berhenti di perjalanan Paus saat ini.

 Timor-Leste juga lama tertunda untuk kunjungan Paus, dan paus tidak datang ke Asia sering.

Timor-Leste juga lama tertunda untuk kunjungan Paus, dan paus tidak datang ke Asia sering. Paus Benediktus XVI tidak membuat kunjungan ke benua di luar Timur Tengah, meskipun Paus Francis, yang mengunjungi Korea Selatan pada Agustus lalu, tampaknya akan berusaha untuk menebus musim kering kepausan Asia.

Perjalanan saat ini adalah keempat kalinya seorang paus telah mengunjungi Sri Lanka dan Filipina. Kedua negara menyambut Paus Paulus VI pada 1971 perjalanan di mana ia juga mengunjungi Hong Kong, Pakistan, Iran, dan Indonesia - meskipun bukan bagian dari wilayah yang dikuasai Indonesia yang akan menjadi Timor-Leste.

Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Filipina dan Sri Lanka dua kali, tahun 1981 dan 1995. Dia juga melakukan perjalanan ke Thailand, Jepang, Korea Selatan, India, Bangladesh, dan Pakistan - semua sebelum Timor-Leste merdeka pada tahun 2002 setelah seperempat abad dari pendudukan Indonesia yang brutal.

Satu kunjungan Paus Timor-Leste datang pada tahun 1989, ketika John Paul, yang mengunjungi Jakarta, Indonesia, pada perjalanan yang sama, menjadi tidak hanya paus pertama, tetapi juga pemimpin dunia pertama yang menginjakkan kaki di wilayah itu diduduki. Dia menggunakan kunjungannya untuk mendesak untuk rekonsiliasi di situs pembunuhan massal yang diduga selama tahun 1970 oleh tentara Indonesia menekan gerakan kemerdekaan Timor-Leste. Meskipun pesannya damai, perjalanan berangkat pergumulan antara demonstran anti-pemerintah dan polisi, meskipun Paus sendiri tidak terancam.

Pada tahun 2008, pemerintah Timor-Leste membangun patung 6 meter tinggi John Paul di situs pesannya 1989. Maka presiden negara itu, PM.Kay Rala Xanana Gusmão, seorang Katolik, mengatakan, kunjungan paus hampir 20 tahun sebelumnya "membantu untuk memecah dinding keheningan dan ketidakpedulian masyarakat internasional."

Kunjungan Paus bisa melayani peran yang sama hari ini. Kenangan kekerasan pro-Indonesia yang masih segar, namun Timor-Leste sebagian besar berjalan diabaikan dalam perjuangan untuk menemukan stabilitas sebagai negara baru, kecil, dan miskin. Paus Francis mencari peran yang sama pekan ini baik di Sri Lanka, di mana ia berkhotbah rekonsiliasi untuk menyembuhkan dalam luka perang saudara bangsa, dan di Filipina, di mana ia mengatakan kunjungannya akan berfokus pada kemiskinan - khususnya di antara mereka yang masih menderita kehancuran Topan Haiyan di November 2013.

Sebagai paus non-Eropa pertama dalam lebih dari satu milenium, Francis membuat upaya untuk lebih memperhatikan jamaah yang tinggal jauh dari Vatikan. Seorang uskup agung Indonesia telah mengundang dia untuk mengunjungi Indonesia tahun depan, dan Francis dilaporkan mempertimbangkan perjalanan ke Jepang. Timor-Leste akan tetapi perjalanan singkat dari salah satu tujuan. Sumber  : https://foreignpolicy.com
Halaman : https://foreignpolicy.com/2015/01/15/the-case-for-a-papal-visit-to-east-timor/

Komentar : 
 

thumbnail
Judul: Paus Francis Memiliki Namun Untuk Kunjungi Timor-Leste
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz